Payudara Berjerawat? Simak Ciri-Ciri Jerawat Batu di Payudara

Ciri-ciri munculnya jerawat batu di payudara Anda belum tentu menunjukkan gejala kanker payudara. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang menunjukkan keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan peradangan dan infeksi pada folikel rambut kulit. Jerawat tidak hanya dapat muncul di hidung dan wajah, tetapi juga dapat muncul di sekitar leher, punggung, bahu, dada, bahkan di payudara. Kemungkinan besar munculnya jerawat adalah terjadinya perubahan hormonal yang memicu kelenjar minyak pada kulit.

Jerawat juga memiliki beberapa macam, di antaranya, komedo, jerawat biasa, dan jerawat batu. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling parah dan bentuknya cenderung lebih besar daripada jenis jerawat lainnya. Selain bentuknya yang lebih besar, jerawat batu juga biasanya berwarna merah, sakit ketika ditekan, mengandung nanah, dan mudah menyebar ke daerah wajah dan leher. Jerawat batu juga bisa muncul di area payudara yang terkadang disalahartikan sebagai kanker payudara walaupun terkadang juga bisa menjadi gejala kanker payudara. Jangan terlalu cepat menyimpulkan dan kenalilah ciri-ciri jerawat batu pada payudara sebagai berikut.

Berbentuk Sebagaimana Jerawat Biasanya

Ciri-ciri utama munculnya jerawat pada payudara adalah bentuknya yang sama dengan bentuk jerawat yang biasanya muncul di wajah atau area kulit lainnya. Jerawat memiliki bentuk seperti benjolan di permukaan kulit dengan ukuran yang kecil dan terkadang memiliki warna yang kemerahan.

Tidak Menimbulkan Sakit Berlebih

Jerawat biasanya tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebih. Meskipun pada beberapa kasus, jerawat yang muncul pada payudara biasanya akan menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri ini disebabkan oleh sentuhan atau tekanan yang dialami jerawat dari bra atau baju yang dikenakan.

Jerawat Tidak Keras

Jerawat yang tidak termasuk dalam gejala kanker payudara biasanya tidak keras ketika diraba atau disentuh. Jerawat tersebut justru akan terasa lebih empuk karena siap untuk pecah.

Baca Juga :  15 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Rasa Coklat dan Aneka Rasa Lainnya!

Ukurannya Tetap

Jerawat yang muncul pada payudara akan memiliki ukuran yang tetap atau tidak membesar. Justru jerawat tersebut akan mengecil ketika akan sembuh. Ini berarti bahwa tidak ada perubahan bentuk dan ukuran yang aneh dari benjolan jerawat pada payudara Anda.

Jerawat Cepat Sembuh dan Menghilang

Seperti karakteristik jenis jerawat pada umumnya, jerawat di payudara seharusnya akan cepat sembuh dan menghilang dengan sendirinya. Apalagi bila Anda melakukan perawatan dengan bahan alami atau menggunakan obat jerawat. Oleh sebab itu, apabila jerawat di payudara Anda tak kunjung sembuh, segeralah periksalah ke dokter.

Memiliki Warna yang Merata

Jerawat pada payudara biasanya memiliki warna yang merata. Jerawat yang muncul di kulit biasanya memiliki warna yang kemerahan dan terkadang terdapat bintik putih di tengahnya. Bintik putih tersebut menunjukkan bahwa terdapat nanah di dalam jerawat tersebut.

Munculnya Jerawat Tidak Disertai Gejala Lain

Munculnya jerawat pada umumnya tidak disertai gejala lainnya, begitu pula pada payudara. Jerawat yang muncul di payudara seharusnya tidak disertai gejala-gejala lain, seperti ukuran payudara yang membesar, perubahan pada puting, dan lain-lain. Apabila munculnya jerawat di payudara disertai gejala-gejala lain, segera konsultasikan pada dokter.

Jerawat Memiliki Bentuk yang Simetris

Salah satu perbedaan jerawat dengan kanker payudara adalah bentuk jerawat yang cenderung simetris, yaitu berbentuk bulat teratur. Namun, apabila jerawat tersebut memiliki bentuk yang asimetris atau tidak simetris, Anda perlu waspada dan lebih baik periksa ke dokter.

Itulah beberapa ciri munculnya jerawat batu di payudara yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan tetaplah waspada.

Beauty