4 Obat Jerawat Tradisional Paling Ampuh dan Terbukti

Jerawat merupakan gangguan pada kulit wajah yang cukup mengganggu bagi siapapun sejak zaman dahulu. Oleh karena itu berbagai cara pengobatan telah dipercaya sebagai obat jerawat paling ampuh dan terbukti. Di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai bahan – bahan tradiosional yang digunakan untuk mengobati jerawat.

4 Obat Jerawat Tradisional Paling Ampuh dan Terbukti

Cuka Apel

( Foto : How Hunter )

Cuka apel merupakan cairan hasil fermentasi sari apel atau juga merupakan jus tanpa filter dari perasan apel. Selayaknya cuka lainnya, cuka apel mampu melawan bakteri. Cuka apel mengandung asam organik dan asam laktat. Asam organik terbukti dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan asam laktat mampu menyembuhkan luka bekas jerawat.

Cara penggunaan cuka apel untuk pengobatan jerawat adalah dengan cara mencampurkan cuka apel dan air matang dengan perbandingan 1 : 3. Cuci bersih wajah terlebih dahulu, lalu oleskan campuran tadi ke seluruh permukaan wajah menggunakan kapas. Diamkan selama 5 sampai dengan 20 detik, lalu bilas menggunakan air dan keringkan.

Lemon

( Foto : No Asking Problems )

Ekstrak buah jeruk seringkali ditemui di dalamkandungan obat jerawat, hal itu dikarenakan antioksidan Vitamin C di dalam buahjeruk dipercaya mampu melawan radikal bebas pada kulit dan mengurangi kadarkolagen. Oleh karena itu kita bisa menggunakan air perasan jeruk lemon untuk mengobati jerawat. Cara kerja perasan jeruk lemon dalam menyembuhkan jerawata dalah mengurangi sebum dengan efek perngeringan asam nitrat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara penggunaannya adalah dengan memeras air lemon, lalu mengoleskan secara merata dan perlahan ke seluruh permukaan wajah menggunakan kapas. Tentunya jangan lupa untuk mencuci muka terlebih dahulu. Ulangi beberapa kali dalam satu hari sesuai kebutuhan.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki dauntebal dan bergerigi. Didalamnya terdapat gel bening yang biasa digunakan untuk menangkan kulit yang terbakar atau teiritasi, dan mengobati jerawat. Hal ini dikarenakan kualitas anti bakteri, sifat anti inflamasi, dan anti oksidan didalam lidah buaya yang efektif mengobati jerawat.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah

Cara penggunaannya yaitu dengan cara mengolah bagian dalam tanaman lidah buaya yang berbentuk gel menjadi sebuah masker. Blender halus gel lidah buaya. Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya yang telah halus  dengan 2 sendok makan madu murni dan ¼ sendok makan kayu manis. Aduk campuran tersebut hingga tercampur rata. Oleskan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 5 hingga 10 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Bawang Putih

Bawang putih memang sering dimanfaatkan untuk mengobati infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan kuman dan infeksi. Hal itu dikarenakan bawang putih mengandung senyawa organosulfur, yaitu senyawa yang memiliki efek anti bakteri dan anti inflamasi alami. Senyawa ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu tubuh melawaninfeksi.

Cara mengobati jerawat menggunakan bawang putih adalah dengan cara menambahkan banyak bumbu bawang putih ke dalam makanan. Bisajuga dengan cara mengkonsumi bubuk bawang putih atau kapsul bawang putih, ataubahkan secara langsung mengunyahnya bersama dengan cengkeh. Pengaplikasian langsung bawang putih ke permukaan jerawat dapat menyebabkan iritasi kulitlebih lanjut. Bawang putih dapat membakar kulit.

Itulah 4 obat jerawat paling ampuh yang bisa didapatkan secara mudah di sekitar anda. Silakan mencoba.

Beauty