Tutorial Rambut Berkepang Kekinian

Jika dulu jenis tatanan rambut dengan cara dikepang identik dengan gaya kuno, maka seiring perkembangan zaman, tatanan rambut jenis kepang kembali digemari dan menjadi tatanan pilihan dalam banyak acara dan kondisi. Mulai dari formal hingga santai liburan, dari acara pernikahan ke acara bakar-bakar ikan bersama keluarga di halaman belakang. Semua bisa dihadiri dengan mengkreasikan bentuk kepangan di rambut. Cara menatanya juga mudah, karena ada banyak tutorial rambut kepang yang tersebar di laman media sosial.

Bagi yang memiliki rambutpendek, jangan khawatir. Ada banyak jenis model kreasi dengan cara mengepang rambut untuk diaplikasikan ke rambut pendek. Sehingga, adabanyak pilihan gaya tatanan rambut yang bisa dikombinasikan dengan modelkepang. Untuk lebih detailnya, simak yuk, tutorial gaya rambut kepang yangkekinian berikut ini.

Persiapanuntuk mengepang rambut

Sebelum memulai mengepang rambut, siapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Sehingga, ketika dibutuhkan langsung ditemukan dan dapat dijangkau dengan mudah. Sebab, kepang seperti membuat anyaman. Bedanya, jika kerajinan tangan dari bambu, rotan atau pandan hutan, ketika menganyam sampai tengah dan ditinggalkan, maka bentuk anyaman masihlah utuh. Namun, jika rambut, tentu saja akan rusak dan harus mengulang dari awal. Sehingga, jangan sampai waktu terbuang percuma hanya untuk mengulang karena perlengkapnnya ketinggalan.

Nah, berikut ini daftar peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan sebelum memulai mengepang rambut.

  1. Sisir ramping, bukan yang model bulat.
  2. Karet rambut.
  3. Jepit rambut yang kecil-kecil.
  4.  Jepit catokan ukuran sedang.
  5. Pita rambut atau aksesoris untuk finishing.
  • Cara membuat kepang
  • Bagi rambut menjadi beberapa bagian. Pisahkan bagian yang hendak dikepang dengan yang akan dibiarkan tergerai. Namun, jika hendak dikepang secara keseluruhan, maka rapikan dengan sisir hingga halus.
  • Bagi menjadi tiga bagian yang sama besar ukurannya. Sehingga, terbentuk rambut bagian kanan, tengah dan kiri.
  • Bagian kanan, silangkan ke atas bagian tengah, kemudian sembulkan lewat bawah dari rambut bagian kiri.
  • Bagian kiri, silangkan melewati bagian tengah, sehingga kini berada di sisi sebelah tengah.
  • Bagian tengah yang berada di sisi kanan, menyilang ke arah kiri dengan melewati bagian kiri yang sudah pindah posisi tengah.
  • Ulangi langkah tersebut hingga rmabut yang hendak dikepang habis dan terkepang semua. Namun, jika ingin menggunakan metode tumpuk empat, langkahnya sama. Hanya saja tumpukannya jadi lebih banyak.
  • Jika sudah ikat ujung hasil kepangan dengan karet rambut.
  • Kreasikan hasil kepangan dengan japit catoka atau pita rambut, sesuai keinginan kreasi.
  • Tatanan rambut kepang yang cantik, siap dipamerkan.
  • Jenis kepang rambut
Baca Juga :  Terbaik, Inilah Manfaat Gingseng yang Ajaib untuk Kesehatan!

Berdasarkan kreasi yang dihasilkan, maka tatanan rambut model kepang dapat dicontohkan melalui nama-nama hasil modifikasi dari tutorial rambut kepangan berikut ini.

  1. Braid wapped ponytail
  2. Easy ponytail
  3. Hair bow
  4. Braided ring bun
  5. Frozen style
  6. Sexy swept side braid
  7. Tight side braid
  8. Messy side braid
  9. Loose side braid
  10. Romantic side braid
  11. Mermaid style
  12. Twisted updo
  13. Braid bun bang
  14. Hair band ponytail

Demikian ulasan mengenaikepang rambut. Baik tutorial pembuatan kepang rambut, hingga beragam jeniskreasi dari tatanan model kepang. Sehingga, gaya zaman dulu ini, tidaklahsaklek hanya untuk acara ceremonialmaupun tampilan ala gadis desa. Sebab, aplikasi dan modifikasinya angatlah banyakjenisnya. 

Beauty